Sabtu, 03 November 2012

Borneo Art Festival 2012


  Satu minggu sesudah addurunafis akhirnya GlanStar menyelenggarakan acara tersendiri, yaitu Borneo Art Festival. Dilaksanakan tanggal 31 Desember 2011 s.d. 1 Januari 2012 di Gedung Sarabakawa.
  Dengan acara ini kami sebagai generasi muda bertujuan untuk lebih memperkenalkan objek wisata yang ada di kalimantan. Dan acara ini kami buat karena keprihatinan kami terhadap banyaknya potensi objek wisata di Tabalong yang terabaikan, tidak terawat bahkan tidak diketahui oleh masyarakat banyak. Maka dari itu, dengan acara ini kami berharap agar acara ini dapat menghidupkan kembali wisata Tabalong yang sekarang sudah hampir tidak di pedulikan lagi. Contohnya seperti objek wisata Tanjung Puri yang menawarkan kuliner dan wisata air yang sangat menarik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu objek wisata Tanjung Puri mulai tergeser oleh kemajuan teknologi. Dengan diadakannya acara ini kami berharap agar dapat mempromosikan objek-objek wisata tersebut kepada generasi-generasi muda yang ada di dalam maupun luar Kabupaten Tabalong agar dapat berpartisipasi dalam rangka menyukseskan Visit Kalimantan Year 2012.
     Maksud dan tujuan acara ini adalah :
  1. Sebagai sarana untuk lebih memperkenalkan keberadaan objek wisata di daerah Tabalong khususnya.
  2. Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Tabalong yang ke – 46 dan Tahun Baru serta hari Perdamaian Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Januari.
  3. Memberikan hiburan kepada masyarakat berupa hiburan musik dan bazar.
  4. Memberi wadah dan tempat penyaluran seni bagi generasi muda di Kalimantan, khususnya di Tabalong.
  5. Merealisasikan program tahunan dari GlanStar
Famplet acara
      Pada festival kali ini GlanStar mengadakan perlombaan Festival Band se-banua anam dengan aliran musik Alternative Pop-Rock, Lomba Modern Etnic Dance, Lomba Pembacaan Puisi bertemakan keindahan kalimantan (tingkat SD, SMP, SMA/UMUM), Lomba Grafitty bertemakan Kalimantan dan Lomba Fashion yang terbagi menjadi Pesta Sasirangan dan Casual Sasirangan (tingkat SD, SMP, SMA/UMUM).
     Jujur saya katakan acara ini adalah produk gagal GlanStar, ini dikarenakan persiapannya yang terlalu lama selama empat bulan membuat kami menjadi terlena dan terlalu bersantai, berbeda dari Kofuko Day Festival yang persiapannya hanya satu bulan justru lebih meriah dan ramai pengunjung. Penyebab yang lain juga adalah terlambatnya peserta yang mengikuti perlombaan tersebut sehingga pengunjung mengira acara belum dimulai, tapi dari situ kami mendapatkan pelajaran baru untuk lebih bersikap tegas terhadap peserta lomba. Hal itu juga disebabkan karena acara kami berlangsung sehabis pembagian raport jadi mesti ada yang meng'galau'kan nilainya mungkin harus menangis dulu sampai penuh satu ember air mata dan juga menjelang libur tahun baru jadi masyarakat Tabalong banyak yang pergi keluar kota. Kami juga sempat kebingungan saat ingin menyewa alat band, karena masing-masing setiap tempat juga menyewa alat band untuk bikin panggung kecil-kecilan memeriahkan pesta menjelang tahun baru 2012.
      Salah satu kegagalan dari acara ini (menurut pandangan saya, soalnya saat acara berlangsung hal tersebut emang tidak ada) adalah batalnya kami untuk menampilkan beberapa tempat yang berpotensi menjadi objek wisata kabupaten tabalong namun tidak terawat dan terpedulikan oleh pemerintah tabalong, penyebab dibatalkannya karena kurangnya persiapan dari kami dan pihak masyarakat (peserta dan pengunjung) sendiri serta beberapa faktor lainnya.
     Untuk Bazaar bisa dikatakan hampir gagal juga. Rencana awal untuk memanfaatkan lokasi sekeliling luar gedung sebagai tempat bazaar dibatalkan, karena dari beberapa pihak distro pakaian banyak pada pulkam juga. Sementara itu dari pihak coca-cola juga ternyata saat tahun baru mereka menutup semua aktivitas, tetapi mereka tidak memberitahu saya yang bertugas menangani hal tersebut. Alhasil bazaar pakaian cuma dilaksanakan di dalam gedung dengan wadah yang kecil saja. Dan HTM seharga 10rb mendapat stiker Rockapudink (100 pertama) + produk coca-cola dibatalkan.
    Namun kegagalan acara ini dapat tertutupi dengan tampilnya band asal Banjarmasin, Rockapudink, saat perayaan malam tahun barunya. Latar belakang kami mengundang kakak-kakak dari Rockapudink Banjarmasin ini dikarenakan acara kami bernama Borneo yang berarti Kalimantan, jadi setidaknya mengundang salah satu band asal kalimantan yang memang kami anggota GlanStar menyukai kakak-kakak Rockapudink. Kami sangat berterima kasih banyak kepada Rockapudink yang sudah ikut memasukkan video acara kami bahkan sangat jelas tertera nama GlanStar pada video tersebut (ya walaupun cuma sebentar).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar